Entri Populer

Sabtu, 30 Juli 2011

KOMPONEN KOMPUTER

b.CPU


Secara fisik,CPU berupa casing (kotak).CPU ada yang modelnya tower dan ada yang modelnya baby.Di dalam CPU inilah seluruh aktifitas komputer dipusatkan.Di dalam cpu terdapat satu bagian yang terpenting yaitu Microprocessor biasa disebut sebagai otaknya komputer.




 c.Output devices
       Perangkat keluaran berfungsi untuk menampilkan hasil proses masukan dan pengolahan data oleh komputer. Beberapa contoh perangkat tersebut adalah sebagai berikut :

    *Monitor
         Monitor merupakan salah satu perangkat yang berguna menampilkan informasi yang dihasilkan dari proses input.


     *Printer
          Piranti ini berfungsi untuk mencetak hasil proses dari input,berupa teks atau gambar.Hinggasaat ini kita dapat mengolompokan printer menjadi tiga,yaitu printer pita,printer inkjet,dam printer laser.

      *Speaker
            Piranti ini berfungsi untuk menghasilkan suara yang telah di proses di dalam komputer.





d.Storage devices
     Media penyimpanan berfungsi untuk menyimpan data atau informasi yang ada dalam komputer.Media penyimpanan data terdiri berbagai jenis,antara lain :

     *Hard disk
          Merupakan suatu media penyimpanan internal yang kapasitasnya besar.Untuk saat ini kapasitas hard disk mencapai 120 GB.Hard disk di pasang di dalam CPU sehingga termasuk media penyimpanan internal. 



  
        *Disket
             Merupakan suatu media penyimpanan data yang berbentuk seperti amplop dan dapat menyimpan data antara 700 Kb hingga 1,44 Mb.



      *CD ROM/DVD
           Merupakan media penyimpanan berbentuk piringan.CD ROM mampu menyimpan data sampai 700 Mb,sementara DVD mampu menyimpan data antara 4 GB hingga  9 GB.

       *Flash Disk
            Merupakan media penyimpanan data berbentuk pena yang dapat menyimpan data antara 64Mb hingga 2 Gb (2000 Mb).









2.Perangkat Lunak (Software)
       Perangkat lunak(software) adalah suatu perangkat yang berfungsi sebagai jembatan penghubung antara perangkat keras(hardware) dengan pengguna (user/brainware).Salah satu perangkat lunak yang paling utama dalam sistem komputer adalah sistem operasi(operating system).
        Setiap komputer selalu harus di lengkapi dengan sistem operasi untuk melayani pengguna agar pengguna dapat menerintahkan pelayanan yang di perlukan untuk mengoperasikan komputer.Pelayanan operasi tersebut secara garis besar meliputi:
           *Layanan layar monitor dan keybord
           *Layanan pembacaan dan penulisan dari/ke media penyimpanan
           *Layanan eksekusi program aplikasi
           *Layanan pencetakan
           *Layanan lalu lintas data dengan perangkat lain di luar komuter























































































































  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar